EVALUASI PEMBELAJARAN



Evaluasi pembelajaran adalah evaluasi yang ditujukan  untuk mengukur efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan program pembelajaran meliputi keterlibatan, relevansi, dan kepuasan peserta pada penyelenggaraan pembelajaran, tingkat pencapaian tujuan pembelajaran, dampak pembelajaran terhadap perubahan perilaku di dalam bekerja, dan dampak terhadap terhadap kinerja organisasi.

Jenis-jenis evaluasi pembelajaran terdiri dari:

1.Evaluasi Level 1 (Reaction)
2.Evaluasi Level 2 (Learning)
3.Evaluasi Level 3 (Behaviour)
4.Evaluasi Level 4 (Result)
5.Evaluasi ROTI

Evaluasi Level 1 s.d 4 mengacu kepada teori Kirk Patrick sementara ROTI mengacu kepada teori Jack S. Philips.

Fungsi pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah:

  1. Memastikan bahwa pembelajaran merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki kinerja dan produktivitas perusahaan.
  2. Memastikan bahwa dana yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Memastikan bahwa hasil pembelajaran dalam membangun, meningkatkan, dan memelihara kompetensi memberi dampak terhadap perilaku dalam bekerja dan perusahaan.
  4. Membantu dalam menentukan metode-metode pembelajaran yang tepat.
  5. Membantu dalam memperbaiki penyelenggaraan pembelajaran di masa depan.
  6. Memastikan bahwa pembelajaran merupakan bagian dari pengembangan SDM.
A. Evaluasi Level 1 (Reaction)
  1. Objek evaluasi adalah semua Peserta Pembelajaran
  2. Tujuan evaluasi adalah mengukur dan menilai kualitas  pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui tingkat keterikatan, relevansi da kepuasan peserta terhadap pemelajaran yang diikuti
  3. Jenis evaluasi terdiri dua yaitu formatif berupa pengumpulan data selama pembelajaran berlangsung berupa observasi langsung menggunakan pulse check dan sumatif berupa pengumpulan informasi setelah implementasi pembelajaran oleh Peserta diunit kerjanya berupa kuisioner.
  4. Waktu pelaksanaan evaluasi yaitu formatif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan sumatif dilaksanakan 2 (dua) atau 3 (bulan) setelah pembelajaran diimplementasikan (pelaksanaan sesuai kebutuhan).
  5. Teknik pelaksanaan evaluasi yaitu formatif dilaksanakan dengan menggunakan pulse check yang tersedia pada setiap kelas dan wisma sementara kuisioner diisi secara online pada aplikasi LMS dengan alamat lms.pln-pusdiklat.co.id sementara sumatif dilaksanakan dengan menggunakan kuisioner (Implementasi sesuai dengan kebutuhan).
  6. Deliverables evaluasi berupa hasil pengisian  pulse check dan kuisioner dan rekapitulasi hasil pengisian pulse check dan kuisioner.

B. Evaluasi Level 2 (Learning)
  1. Objek evaluasi adalah semua Peserta Pembelajaran
  2. Tujuan evaluasi adalah mengukur dan menilai tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peserta pembelajaran berupa kemampuan menyerap pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta kepercayaan diri dan komitmen untuk mengimplemetasikan pembelajaran di unit kerja.
  3. Jenis evaluasi terdiri dua yaitu formatif berupa pengumpulan data selama pembelajaran berlangsung berupa pulse check, kuisioner, pretest/kuis/postest, diskusi, dan lain-lain serta sumatif berupa pengumpulan informasi setelah implementasi pembelajaran oleh Peserta diunit kerjanya berupa kuisioner.
  4. Waktu pelaksanaan evaluasi yaitu formatif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung semantara sumatif setelah 2 (dua) atau 3 (bulan) setelah pembelajaran diimplementasikan dengan syarat Peserta mengisi aspek Confidence dan Commitment pada Evaluasi Level 2 Formatif  ≥ 3.
  5. Teknik pelaksanaan evaluasi yaitu formatif dilaksanakan dengan menggunakan teknik pulse check atau pretest dan postest untuk mengetahui tingkat penyerapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Pengukuran Commitment dan Confident  dilakukan dengan pengisian kuisioner sementara sumatif dilaksanakan dengan menggunakan kuisioner (Implementasi sesuai dengan kebutuhan).
  6. Deliverables evaluasi berupa rekapitulasi hasil Evaluasi Level 2 Formatif (Pretest, Postest, Pulse Check, dan lain-lain) sebagai dasar penentuan kelulusan peserta pembelajaran dan rekapitulasi Kuisioner Evaluasi Level 2 Formatif terkait Comitment dan Confident.

C. Evaluasi Level 3 (Behaviour)
  1. Objek evaluasi adalah peserta yang mengikuti pembelajaran dengan level profisiensi ≥ 3, dan peserta yang mengisi Evaluasi Level 2 Formatif (Commitent dan Confident) ≥ 3 serta  Atasan Peserta yang bersangkutan.
  2. Tujuan evaluasi adalah mengukur dan menilai peserta terhadap penerapan apa yang telah dipelajari selama pembelajaran ketika kembali ke pekerjaan yang bersangkutan.
  3. Jenis evaluasi terdiri dua yaitu sumatif 3A untuk Peserta Pembelajaran dan sumatif 3B untuk Atasan Peserta Pembelajaran.
  4. Waktu pelaksanaan evaluasi yaitu sekurang-kurangnya 3 (tiga) bulan setelah Peserta mengimplementasikan pembelajaran di tempat kerjanya.
  5. Teknik pelaksanaan evaluasi yaitu secara Online dimana Peserta  dan Atasan Peserta mengisi kuisioner yang dikirim menggunakan fasilitas GoogleDoc  dan juga secara Offline dimana Peserta  dan Atasan Peserta mengisi kuisioner yang dikirim melalui email masing-masing atau mengisi langsung pada saat Tim Evaluator Udiklat melakukan uji petik ke Unit Peserta.
  6. Deliverables evaluasi berupa hasil pengisian Evaluasi Level 3 dan rekapitulasi hasil pengisian Evaluasi Level 3.

D. Evaluasi Level 4 (Result)
  1. Objek evaluasi adalah Peserta yang mengikuti pembelajaran dengan level profisiensi ≥ 3, dan Peserta yang dinyatakan berdampak secara behaviour (Evaluasi Level 3) ≥ 50%.
  2. Tujuan evaluasi adalah mengukur dan menilai hasil pencapaian yang ditargetkan sebagai hasil pembelajaran dan penguatan selanjutnya.
  3. Jenis evaluasi terdiri dua yaitu formatif berupa pengumpulan data dan informasi selama pembelajaran berlangsung berupa kuisioner prediksi keyakinan Peserta terhadap dampak pembelajaran terhadap kinerja unit dan sumatif berupa Pengumpulan data dan informasi setelah implementasi pembelajaran oleh Peserta di unit kerjanya berupa kuisioner atau wawancara.
  4. Waktu pelaksanaan evaluasi yaitu formatif selama pembelajaran berlangsung dan sumatif  sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan setelah pembelajaran.
  5. Teknik pelaksanaan evaluasi untuk formatif adalah dengan Peserta mengisi kuisioner yang telah disediakan (Pengisian sesuai dengan kebutuhan) sementa sumatif dilaksanakan secara Online dimana Peserta  dan Atasan Peserta mengisi kuisioner yang dikirim menggunakan fasilitas GoogleDoc dan secara Offline dimana Peserta  dan Atasan Peserta mengisi kuisioner yang dikirim melalui email masing-masing atau mengisi langsung pada saat Tim Evaluator Udiklat melakukan uji petik ke Unit Peserta
  6. Deliverables evaluasi berupa hasil pengisian Evaluasi Level 4 dan rekapitulasi hasil pengisian Evaluasi Level 4.

5. Evaluasi ROTI (Return of Training Investment)
  1. Objek evaluasi adalah Unit yang mengikuti program Pilot Project. yang
  2. Tujuan evaluasi adalah mengukur tingkat pengembalian investasi pada pembelajaran dengan menggunakan cost benefit analysis di mana jumlah keseluruhan keuntungan secara financial yang diperoleh perusahaan dari satu program pembelajaran.
  3. Waktu pelaksanaan evaluasi yaitu Sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan setelah pembelajaran.
  4. Teknik pelaksanaan evaluasi membandingkan antara manfaat bersih dari suatu program pembelajaran dengan keseluruhan biaya penyelenggaraan pembelajaran :
    ROTI =  (Net Learning  Benefit/Learning Cost) * 100%
  5. Deliverables evaluasi berupa persentasi tingkat pengembalian biaya pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SELAMAT DATANG DI PLN UDIKLAT PADANG

RAFTING DI BATANG ANAI